Home » » Cagar Budaya Alam Leuweung Sancang Garut

Cagar Budaya Alam Leuweung Sancang Garut

Written By Unknown on Rabu, 29 Januari 2014 | 20.10

Hutan atau kata basa sunda namanya leuweung, di Kabupaten Garut ada salah satu hutan yang sangat alami dengan suasa alam yang masihasli serta berbagai cerita mitos di kalangan masyarakatsekitar yang ada di leuweung sancang garut. Hutan Sancang terletak di bagian selatan Kabupaten Garut berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Desa Sancang, Kec. Cibalong.

Hutan sancang merupakan salah satu cagar budaya alam di Indonesia yang bertaraf Internasional yang belum tersentuh oleh fasilitas pariwisata secara khusus oleh pemerintah pusat maupun pemerintah setempat. Fasilitas yang saat ini ada hanya sau pos jagawana serta petugas yang berjumlah 180 orang. Untuk aktivis yang dapat dikembangkan di Hutan ini adalah, Tracking, fotografi, penjelajahan hutan, penelitian, memancing, berkemah dan aktiitas-aktivitas lainnya yang tidak merusak lingkungan alam itu.

Hutan Sancang adalah hutan yang dilegendakan sebagai tempat tilem (tempat hilangnya) Prabu Siliwangi. Di hutan ini juga terdapat pohon Kaboa (mirip dengan pohon bakau/Mangrove) yang menurut kepercayaan setempat merupakan penjelmaan para prajurit Pajajaran yang setia kepada Prabu Siliwangi. Oleh karena itu hutan ini dipercaya sebagai hutan keramat yang memiliki daya magis bagi kalangan masyarakat lokal. Nama Sancang yang tersusun dari huruf-huruf SANCANG dipercaya memiliki arti khusus, yaitu :

1. S mempunyai arti : Sasakala asal usul carita sesepuh urang-urang sadaya, yang berarti Hutan Sancang merupakan tempat asal usul nenek moyang kita semua.

 2. A rnempuilyai arti: Anu luhur tur ngahiang, yang berarti daerah Sancang adalah daerah keramat dan sejak zaman dahulu sudah dikenal.

3. N mempunyai arti: Nyata sarta talapakuran tah ku aranjeun manusa, yang berarti Hutan Sancang adalah nyata dan pertu untuk dikaji oleh setiap manusia.

 4. C mempunyai arti: Cacandran carita sesepuh urang sadaya, yang berarti Sancang adalah asal usul cerita tentang nenek moyang kita semua.

5. A yang kedua mempunyai arti : Aya nya carita Pasundan / Padjajaran, yang berarti asal-mula dari kerajaan Pasundan dan Padjajaran.

6. N mempunyai arti: Negri Padjajaran tilas Siliwangi, yang berarti Hutan Sancang merupakan salah satu wilayah negeri Padjajaran peninggalan Siliwangi.

7. G mempunyai arti: Goib di Sancang Pameungpeuk Garut, yang berarti Hutan Sancang mempunyai cerita gaib dan setiap manusia harus mempercayai hal gaib seperti Tuhan YME yang sifatnya gaib.

Seperti pada kawasan konservasi umumnya, tidak ada sarana pariwisata di hutan ini, baik yang berupa fasilitas akomodasi ataupun rumah makan, tetapi apabila pengunjung ingin bermalam dapat menggunakan fasilitas akomodasi terdekat yang terletak di Kecamatan Pameungpeuk. Untuk fasilitas rumah makan juga terdapat di Kecamatan Pameungpeuk. Adapun jarak yang akan ditempuh sekitar 13 km dari pusat pemerintahan kecamatan. Objek wisata tersebut berjarak kurang lebih 2 Km dari pusat kecamatan Pameungpeuk.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

12 Desember 2015 18.36

tim hdgna diantos urang kemping di leuweung sancang bari dudurukan..

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wisata Garut Selatan | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger