Home » » Objek Wisata Curug Sanghyang Taraje Garut

Objek Wisata Curug Sanghyang Taraje Garut

Written By Unknown on Kamis, 16 Januari 2014 | 03.51

Curug Sanghyang Taraje atau biasa oleh sebagian masyarakat disebut Curug Kembar. Curuk ini terletak di Kp. Kombongan Desa Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut Selatan. Berjarak 3,2 km dari kecamatan atau 47 km dari pusat kota Garut. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum berjenis minibus (Elf) dari Garut menuju Pakenjeng dengan ongkos yang sudah disesuaikan, selanjutnya diteruskan dengan ojek menuju lokasi air terjun dengan ongkos yang sudah disesuaikan. 



Menuju Curug Sanghyang Taraje dari Kota Garut ke arah selatan Garut, kita akan melewati jalan mulus dari pusat kota Garut melewati kecamatan Bayongbong, Kec. Cisurupan, Kec. Cigedug.Nah pas kita memasuki wilayah Kecamatan Cikajang, kita akan menemukan pertigaan yang sudah lengkap dengan petunjuk arah menuju beberapa tempat wisata yang ada di Garut selatan, unutuk menuju ke curug sanghyang taraje, kita harus mengambil arah kanan, kita akan mulai disuguhi pemandangan perkebukan sayuran serta lapang tembak Cibuluh, bila kita sudah sampai kelokasi Curug Orok, maka tujuan kita ke Curug Sanghyang Taraje sudah dekat, pemandangan perkebunan teh akan kita nikmati dengan cuaca yang sangat adem, maka dari itu bila kita akan menuju area tersebut, jangan lupa untuk membawa jaket tebal, supaya tak kedinginan saat berada diperjalanan menuju lokasi wisata curug sanghyang taraje. Jalanan menuju kesana sangat banyak sekali belokannya, nah bila sudah sampai di pertigaan Pakenjeng (Cisandaan) kita akan melewati beberapa curug, dianataranya Curug Utang, Sanghyang Santen, kemudian Sanghyang Taraje. 

Curug Utang dan Sanghyang Santen hanya bisa dilalui dengan berjalan menembus hutan dan turun ke jurang. Ke Sanghyang Taraje jalannya naik turun dan hanya bisa dilalui sepeda motor yang kuat. Curug ini berada di ketinggian 660 m dari permukaan laut, dengan tinggi air terjun sekitar 82 m. Asal mula air terjun ini disebut Sanghyang Taraje konon katanya karena masih ada kaitannya dengan legenda salah satu anaknya Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran, yaitu Kian Santang, yang hendak mengambil bintang untuk Dayang Sumbi melewati curug ini, maka dinamailah curug ini Sanghyang Taraje. 

Dan konon juga, di area curug ini Kian Santang menyimpan salah satu benda berharga konon dijaga oleh Lubang raksasa yang katanya memiliki telinga sebesar hihid (kipas terbuat dari bambu), dan seringkali dilihat oleh masyarakat.Wallahu ‘alam. Adapun kawasan curug sanghyang taraje ini dikelola oleh pihak perhutani. Tapi kini pengelolaannya agak terlantar sehingga kawasan air terjun ini tidak terawat dengan baik. Adapun masyarakat yang kemudian mencoba untuk mengelola kawasan ini namun hanya pada saat hari raya dan libur nasional. ***
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wisata Garut Selatan | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger