Home » , » Pantai Berantai Di Selatan Garut

Pantai Berantai Di Selatan Garut

Written By Unknown on Rabu, 21 Mei 2014 | 21.13

Pantai Berantai Di Selatan Garut
Perawan Yang Masih Perawan.

Denyut nadi kepariwisataan Pantai di kawasan Garut selatan sampai kini masih belum mengencang. Potensi kecantikan panorama alami pantai Garut ini memang jauh terbenam dibalik kemashuran Pangandaran Ciamis maupun Pelabuhan Ratu Sukabumi. Walau begitu, keberadaan potensi obyek wisata pantai yang terhampar di gugusan selatan daerah Garut, belum memadamkan bayang harapan kecemerlangan kepariwisatraan untuk hari esok. Tak pernah pula surut dari perbincangan, bahwa asset kepariwisataan Garut Selatan seumpama pendaman intan yang lama menunggu para pendulang…!

Bila saatnya tiba, keelokan wajah pantai Garut Selatan akan menjanjikan penebalan pendapatan asli daerah di sektor kepariwisataan. Itu berarti, terbuka peluang bagi pemda Garut untuk melepaskan ketergantungan atas kemampuan obyek wisata Cipanas sebagai sang primadona kepariwisataan daerah ini. Betapapun, Pemda Garut layak bergirang hati dengan pendaman harta karun kepariwisataan pantainya, meski harus prihatin karena belum semua obyek wisata Garut bisa digelar menjaring arus wisatawan. Upaya untuk membasahkan khas daerah dari sektor kepariwisataan, memang masih belum optimal.

Harus diakui, masih banyak terjadi ketimpangan antara kandungan potensi kepariwisataan, dengan kemampuan daya jualnya. Ini dimungkinkan terjadi, karena baru sejumlah kecil saja diantara puluhan obyek wisata daerah Garut yang bias dijual dan menderaskan arus pengunjungnya. Seberapa pun tingkat kemampuannya, keberadaanya obyek wisata Cipanas (Tarogong), Situ Bageundit (Banyuresmi), dan Situ Cangkuang ( Leles), selama ini telah mengalirkan kontribusi nyata untuk kas daerah. Pencapaian hasil retribusi itu akan berlipat, andai lumbung kepariwisataannya terpelihara dan daya pikatnya lestari.

Bumi Garut Selatan di kawasan Kecamatan Pameungpeuk, Cibalong, Cikelet, hingga Cisewu, terbukti menghamparkan asset kepariwisataan pantai penuh pesona alami, yang sampai kini belum mampu menajamkan tingkat pendapatan kas daerah. Padahal di gugusan Pemeungpeuk, Cibalong dan Cikelet, sedikitnya tujuh lokasi obyek wisata pantai menanti sentuhan, untuk kekayaan daerah Garut. Namun keindahan tujuh pantai selatan itu, terhitung dari Karang Numpang, Gunung Geder, Sayang Heulang, Santolo, Darmaga, Cijeruk Indah, serta Sancang, dinilai masih belum dilengkapi fasilitas wisata yang memadai.

Acapkali mencuat pendapat, bahwa upaya pengembangan kepariwisataan pantai Garut Selatan, senantiasa terganjal ancaman kemungkinan buruk bencana longsor, yang menghantui lintasan perjalanan Garut – Pameungpeuk. Dalam musim hujan kondisi daerah tersebut emang rawan bencana, karena keberadaan badan jalan yang berpagar tebing-tebing menjulang tinggi. Namun mantan Ketua DPRD Garut, H. Suparno menyanggah ganjalan itu, karena terjangan longsor tidak terjadi setiap saat. Pokonya kemungkinan tanah longsor itu bukan masalah bagi pengembangan kepariwisataan pantai, tegasnya.

Itu sebabnya H. Suparno mengungkapkan, bahwa harapan dan program penataan kawasan lokasi obyek wisata pantai Garut Selatan, tidak akan pernah tercapai, selama dihantui kecemasan dari rintangan bencana longsor di sekitar perjalanan memburu pameungpeuk. Sejak lama, pihak DPRD Kab. Garut menarh perhatian besar terhadap kekayaan asset kepariwisataan pantai itu, karena menjanjikan keceriaan Pemda Garut dihari esok dari sector pariwisata. Terlebih setelah dibuka jalur selatan bernilai prospektif.

Sumber: Majalah Budaya Pakansi
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wisata Garut Selatan | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger